Jumat, 12 Maret 2010

STATIC AND DINAMIC FORCES

1. STATIC FORCES

A. HOGGING
Adalah suatu kondisi yang dialami kapal dimana plat geladak kapal dalam keadaan tegang dan plat dasar berganda mendapatkan tekanan.
Kondisi ini terjadi pada pemuatan di Kapal Barang (Cargo Ship).

B. SAGGING
Adalah suatu kondisi yang dialami oleh kapal dimana plat geladak mendapatkan tekanan dan plat dasar berganda dalam keadaan tegang.
Kondisi ini terjadi pada pemuatan kapal tangki (Tanker).

Baik HOGGING maupun SAGGING penyebab adanya STATIC FORCES yaitu adanya tekanan suatu benda (muatan) secara membujur.




2. DINAMIC FORCES
Di samping STATIC FORCES, kapal juga mengalami apa yang disebut dengan DINAMIC FORCES yaitu adanya pengaruh dilaut (angin/ombak).


Ship movement the six degrees of fredom, yaitu: 6 gerakan bebas kapal dilaut dimana 3 gerakan putar ada pada sumbu vertikal dan horizontal dan 3 gerakan linier yakni 3 gerakan berputar pada sumbu horizontal dan vertikal.


3 gerakan berputar pada sumbu horizontal dan vertikal:
  1. Sumbu Vertikal, yaitu gerakan HEAVING (NGETREL) dan YAWING (MEREWANG)
  2. Sumbu Horizontal Membujur, yaitu gerakan ROLLING (MENGOLENG) dan SURGING (MAJU MUNDUR)
  3. Sumbu Horizontal Melintang, yaitu gerakan SWAYING (KEKIRI KEKANAN) dan PITCHING (MENYANGGAH)

3 gerakan linier:

  1. Gerakan linier HEAVING (yang bekerja keatas kebawah)
  2. Gerakan linier SURGING (yang bekerja kedepan kebelakang)
  3. Gerakan linier SWAYING (yang bekerja kekanan kekiri)

Ke-6 gerakan bebas tersebut akibat dari gaya-gaya yang bekerja terus-menerus pada konstruksi bangunan kapal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar